Bilang ke Dilan, yang Berat Itu Bukan Rindu, Tapi Hijrah dan Istiqamah!

by - 08.27


Kata hijrah memang sudah menjadi trend belakangan ini. Tapi yang terpenting bukan sedang trend atau tidak, sampai kapan pun hijrah tetap menjadi bagian dari semua umat manusia. Hijrah adalah proses yang dilakukan benar-benar karena Allah ta’ala. Trend hijrah ini ditandai dengan banyaknya akun-akun dakwah dan olshop yang menjual aneka pakaian syar’i dan pelengkapnya. Tapi begitu miris, jika nantinya hijrah hanya sebuah musiman. Dimana apabila sudah tidak lagi mood, maka segala tentang hijrah akan dilepas dan ditinggalkan.
Pengertian berhijrah itu bukan hanya tentang pakaian. Dimana seseorang yang tiba-tiba berpakaian syar’i atau seorang laki-laki yang memanjangkan jenggotnya. Semua manusia mengalami hijrah setiap harinya. Kalau dari kata hijrah sendiri artinya yaitu perpindahan. Dimana setiap manusia mengalami perpindahan hidup yang lebih baik hari ini daripada kemarin dan esok hari daripada hari ini. 
Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan mengatakan: Kami telah beriman, sedang mereka belum diuji?" (QS Al-Ankabut:2-3)
Ayat di atas menunjukkan bahwa hijrah itu penuh dengan ujian. Dan kita harus menemukan alasan yang kuat agar tetap bertahan dan istiqomah.
Berikut ini saya mempunyai tips istiqomah berhijrah yang didapat dari pengalaman sendiri. Saya menulis ini bukan berarti sudah benar-benar baik atau sudah bisa istiqomah. Tidak, bukan seperti itu. setiap manusia mempunyai masa naik-turunnya iman. Dan sebagai saudara seiman, tidak ada salahnya jika kita membagikan tips agar bisa sama-sama istiqomah.
Baca selengkapnya : Klik di sini

You May Also Like

0 komentar