Media Sosial Cerdas

by - 07.20

See the source image
Stickpng.com

Beberapa bulan terakhir ini aku sudah jarang aktif di media sosial, entah itu twitter, facebook, dan instagram. Masih memakainya hanya untuk melihat beberapa akun saja, bukan untuk mengunggah foto atau membuat status. Aku lebih sering memakai whatsapp. Itu pun juga tidak sangat aktif—tidak sering membuat status. Karena akhir-akhir ini aku memang sudah tidak sering membuat status dan sudah bosan dengan namanya media sosial. Sampai-sampai, setiap aku membuka akunku, jarang ada pemberitahuan. Padahal dulu pemberitahuanku sering ramai. Sekarang sepi sekali. Jadi tambah malas untuk membuka media sosial.
Di tengah kemalasan itu, muncul sesuatu yang baru bagiku yaitu google+. Sebenarnya media sosial ini tidak baru, hanya saja memang tidak banyak digunakan oleh masyarakat, entah kurang familiar atau fiturnya yang kurang lengkap. Akan tetapi, aku lebih suka media sosial ini. Bahkan, sekarang aku lebih sering membuka-tutup akun ini. Untuk apa? Untuk blogwalking.
Sukaku sama google+ itu termasuk bukan media sosial sembarangan. Maksudnya, tidak semua orang punya akun ini. Tidak seperti facebook yang sudah merebak di semua kalangan masyarakat, entah itu anak-anak, om, tante, mbah, mbak, atau mas-mas. Sebenarnya banyak orang memiliki akun google+ karena akun google memang sepaket bisa digunakan di fitur mana saja, misalnya gmail, google+, youtube, dll. Tapi tidak semua orang menggunakannya.
Beruntung, ada banyak teman kenalanku yang blogger, sehingga aku mempunyai banyak teman yang menggunakan google+. Dan aku mem-follow mereka. Nah, di beranda google+ inilah nantinya akan berseliweran link-link blog mereka. Ini memudahkan aku untuk blogwalking pada blog-blog yang terkoneksi dengan akun google+ nya.
Tidak seperti facebook atau twitter yang berisi status curhatan nggak jelas atau link berita hoax, di google+ ini aku bisa mendapat banyak bacaan blog yang bergizi. Sebenarnya tergantung siapa yang kita follow sih, alhamdulillah akun yang aku follow aman dari hoax. Teman-temanku kebanyakan bercerita tentang keseharian, review produk, motivasi, pengetahuan dengan sumber yang jelas dan lainnya. Ini bermanfaat banget buat kalian yang suka membaca dan blogwalking.
Sekali pun nggak kenal dengan pemilik blog, tapi di dunia perbloggeran sah-sah saja kita mau nimbrung di komen. Beda dengan facebook atau twitter yang kebanyakan orang menganggap harus kenal dekat untuk nimbrung dan berteman dengan akunnya. Karena nih, di media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram memang sangat sensitif. Komentar salah sedikit bisa berbuntut panjang.
Teman-teman blog yang selama ini kukenal amat menjaga etika di internet. Postingannya tidak ada yang berbau provokasi, menggunakan bahasa yang sopan, dan memberikan respon positif. Karena memang, orang-orang ngeblog bertujuan untuk membagikan atau mendapatkan ilmu. Beda dengan orang yang hanya bermedsos untuk senang-senang.
Pada dasarnya, di tengah kemajuan teknologi ini kita tidak hanya dituntut untuk melek teknologi, tapi juga bijak menggunakannya.

You May Also Like

2 komentar

  1. Dengan kemajuan teknologi akan mempermudah kegiatan kita, seperti medsos ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup benar sekali. Beruntungnya kita yang hidup di zaman ini :)

      Hapus