Masa Buru-Buru

by - 00.31

Image result for gambar naik tangga kartun
Source: Pixabay.com

Aku dihadapkan pada masa ini. Masa dimana siapa yang cepat dialah yang terlihat lebih hebat. Siapa yang dulu dialah yang terlihat lebih maju. Hingga orang yang masih berada di belakang akan tertinggal. Lalu semua menjadi terburu-buru agar terlihat lebih maju. Nyatanya, hidup bukan persoalan siapa yang lebih cepat, lebih maju, atau lebih hebat. Tapi tentang sebuah catatan perjalanan yang memiliki makna dari setiap waktu yang dilaluinya.

Tulisan ini terlahir dari sebuah kegalauan yang sedang mencari makna tentang hidup. Dimana aku menjadi buru-buru ketika melihat teman-temanku yang sudah maju terlebih dahulu. Padahal seharusnya aku tahu, bahwa maju selangkah saja membutuhkan perjuangan yang tidak sebentar. Sebuah pencapaian membutuhkan tetesan peluh dan kerja keras yang tidak sedikit. Semua kerja keras membutuhkan kesabaran yang tidak intans.


Aku menjadi buru-buru, hingga akhirnya aku lupa tentang sebuah esensi dari hidupku. Aku hanya melihat dari hasil sebuah pencapaian tanpa memikirkan bagaimana proses pencapaian itu sendiri. Hingga aku tersadar, tanpa proses yang hebat aku tidak akan bisa melabeli diriku dengan kualifikasi yang baik.

Hidup bukan tentang perlombaan aku dan mereka, tapi tentang bagaimana diriku melaluinya. Begitulah, berulang kali aku mengatakan pada diriku sendiri. Dan itulah caraku untuk menyemangati diriku sendiri.

Sejatinya, kita tidak butuh pengakuan orang lain agar terlihat hebat. Namun, kita hanya membutuhkan bukti dari apa yang kita pelajari selama ini. Hanya kita sendiri yang lebih tahu sejauh mana diri kita menguasai sebuah ilmu dan seberapa hebat diri kita dibalik coretan nilai yang menjadi hasil upaya diri sendiri.

Jadikan tantangan sebagai proses untuk menghebat, bukan sebuah rintangan sehingga menjadi terlambat.

*Catatan mahasiswi semester akhir yang sedang berharap cepat lulus. Dan semoga yang membaca tulisan ini mengamininya


You May Also Like

0 komentar