Cerita Ngodop Hari ini :)

by - 00.30


See the source image
Source: Hasbee.wordpress.com

Sebenarnya ini tulisan kemarin, biar bisa kelihatan nulis setiap hari jadinya aku menjadwal tulisan ini terbit pada hari besoknya (sekarang). Alhamdulillah, terhitung 7 hari ini aku bisa ngODOP (One Day One Post). Kata seorang teman dari sumber yang dibacanya, apabila kita bisa konsisten melakukan suatu kegiatan berturut-turut tujuh hari, maka kegiatan itu akan menjadi kebiasaan kita. Semoga saja ngODOP ini bisa menjadi kebiasaanku sampai nanti.

Di postingan kali ini aku ingin bercerita, sebenarnya menulis sehari sekali itu sangat mudah. Tujuh hari terakhir ini aku menulis paling lama sekitar 20-30 menit. Bahkan ada tulisan yang bisa kutulis hanya 15 menit. Ya memang sih, tulisanku tidak membahas hal-hal berat, hanya cerita ringan. Tapi disitulah kunci ngodop, kita bisa menulis apa pun tentang seharian kita. Hal-hal sederhana yang bisa kita bagikan ke orang lain. Jangan membahas hal-hal berat, kamu nggak akan kuat seperti Dilan. :D

Aku jadi merasa  bersalah pada diri yang selama ini menulis tapi ingin terlihat begitu perfect. Yah, aku memang seperti itu. Orangnya terlalu perfeksionis pada beberapa hal. Tapi memang, berusaha terlihat perfect itu hanya akan menyiksa diri kita sendiri. Karena di saat itu akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengoreksi tulisan. Karena sedikit pun tidak ingin ada yang salah atau ada yang cacat pada tulisanku. Itu memang baik, tapi caraku terlalu berlebihan.

Aku juga memaksa diri untuk menulis cerpen dan hal berat lainnya setiap hari. Itu sangat menguras tenaga dan pikiran. Jadinya, ya memang blog akan terisi dengan postingan yang lebih oke, akan tetapi urusan yang lain menjadi terbengkalai karena menulis terlalu lama. Dan di sisi lain, karena terlalu memforsir diri sendiri, aku menjadi cepat bosan untuk menulis jika tidak ada ide.

Kalau kita terbiasa membicarakan hal ringan, saat tidak ada ide pun kita tetap akan terbiasa untuk membahas hal ringan atau sepele. Padahal hal sepele pun itu kadang luput dari pandangan orang. Maka jangan sepelekan hal sepela, ya.

Ohya, kalau kalian punya waktu luang dan banyak sekali hal yang ingin kalian tulis atau ceritakan, sekali duduk nulis beberapa postingan juga not bad lho. Karena itu bisa menjadi tabungan untuk postingan besok. Jadinya kita tetap bisa mempostingnya jika ada waktu-waktu sibuk sehingga tidak bisa ngeblog.

Yah begitulah cerita ngodop hari ini. Semoga aku bisa nulis dan bisa konsisten mempraktikannya. :)


You May Also Like

4 komentar