Inilah 5 Alasan Pentingnya Jomblo Belajar Parenting!

by - 00.07


See the source image
Source: Google

Setiap hal di kehidupan kita ada ilmu yang bisa kita pelajari. Semua ada tata cara yang mengaturnya agar bisa menjalani dengan baik dan sesuai tujuan. Tak terkecuali dengan mendidik anak pun ada ilmunya, yang biasa disebut dengan ilmu parenting. Ilmu yang mempelajari cara mendidik anak dengan baik dan benar serta membekali orangtua yang sedang menemani tumbuh kembang anak. Kebanyakan orang berpikir mendidik anak tidak perlu menggunakan teori, yang terpenting mencontohkan hal-hal yang baik dengan kasih sayang dan kelembutan. Itu saja sudah cukup bagi mereka. Padahal nyatanya, banyak orangtua melakukan hal-hal yang bertujuan untuk menyayangi, nyatanya malah memanjakan dan membentuk karakter anak yang tidak mandiri. Nah, itulah pentingnya ilmu agar kita jadi tahu mana yang baik dan benar.

 Ada juga yang berpikir belajar mendidik anak nanti saja setelah menikah atau menjelang mempunyai anak. Memang sih, belum masanya para jomblo untuk fokus pada hal-hal seperti ini. Bagi mereka mempelajari ilmu yang masih digunakan beberapa tahun ke depan entah kapan itu adalah pekerjaan yang membuang-buang waktu, lebih baik mempelajari ilmu-ilmu sesuai bidang kuliah atau pekerjaan yang sedang digeluti.

Untuk para jomblo, kalian boleh berkilah dengan mengatakan, “Nanti dulu deh, kan aku belum ingin punya anak.” Mendidik anak itu tidak melihat berapa tahun sebelum kalian mempunyai anak, bertahun-tahun kalian belajar pun malah lebih bagus. Sekali pun kalian masih jomblo, belum ada pasangan, belum punya keinginan menikah, tidak ada buruknya jika menyiapkan lebih awal untuk ilmu parenting. Belajar mendidik itu membutuhkan proses yang panjang. Tidak hanya membutuhkan teori, namun juga kesiapan mental yang matang untuk menjalaninya nanti.

Tidak harus terlalu serius mempelajarinya, bisa menjadi selingan di saat ada waktu senggang. Atau saat tidak sengaja menemukan artikel di internet kita bisa membacanya sedikit-sedikit. Poin pentingnya adalah kita tidak menutup diri dengan hal ini. Tidak perlu malu untuk membeli buku, follow blog, bahkan datang ke seminar parenting. Kelak kita akan lebih malu jika sudah mempunyai anak tapi tidak tahu cara mendidiknya.

Sebenarnya kenapa sih kita harus belajar parenting, berikut alasannya:

You May Also Like

2 komentar